Rabu, 14 Januari 2015

Tester Remote TV dengan IRX



Tester remote TV ataupun remote lainnya yang  beroperasi dengan pemanfaatan spektrum IR atau Impra Red (Impra Merah), bekerja ketika salah satu tombol pada remote ditekan maka IR pada remote akan memancarkan spektrum Impra Red secara Lurus. Spektrum ini ditangkap oleh suatu sensor IRX (penerima Impra Red) dan menghasilkan suatu perubahan keluran arus pada output IR sensor IRX ini. Berikut salah satu contor komponen IRX.

Perubahan keluaran ini dimanfaatkan sebagai indikator adanya suatu spektrum IR yang dihasilkan oleh suatu remote sebagai indikasi bahwa remote masih berfungsi. Keluaran dari IRX yang begitu kecil untuk membangkitkan suatu indicator LED supaya menyala dengan maksimal, penambahan komponen transistor sebagai penguat menjadi suatu solusi supaya LED menyala dengan maksimal. Konsep cara kerja transitor ini dapat dilihat di halaman Mekanisme Kerja Transistor dengan Kendali LDR. Berikut adalah gambar konfigurasi transistor-transistor yang digunakan yang dicantumkan dalam bentuk skematik.

78L05 merupakan IC regulator yang membatasi V masukan yang diatas 5V besarnya selalu menjadi maksimal 5V, hal ini supaya IR disupply sejumlah tegangan yang sesuai yaitu 5V. Penambahan R1 sebesar 4K7 merupakan pembatasan arus keluaran IRX supaya tidak terjadi Over current pada Basis Q2. Berikut gambaran bentuk dan kaki dari IRX.
Dan berikut adalah tata letak komponen di media PCB.


Berikut adalah gambar-gambar bentuk jadi dari tester remote TV dengan IRX, begitu kecil dan praktis.




Penggunaan batere sebagai sumber arus pun dapat diaplikasikan, yaitu dengan batere 4.5V atau 6V dihubungkan ke rangkaian tanpa diikutsertakannya kompnen IC 78L05. Pengembangan dari project ini, indikator LED dapat dijadikan suatu keluaran untuk mengendalikan suatu modul rangkaian berikutnya. Contoh: Modul switch Lampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar