Jumat, 05 Desember 2014

Voltage Adjustor Sederhana LM317



Setiap rangkaian elektronik membutuhkan supply tegangan (voltage) dan kuat arus berbeda, tergantung kepada karakteristik dari komponen yang digunakan serta fungsi dari rangkaian tersebut.
Terkadang rangkaian membutuhkan tegangan dikisaran tanggung, seperti 7Volt. Apabila menggunakan komponen regulator seperti IC 78xx yang memiliki karakter tegangan output sesuai dengan tipenya maka titik tegangan yang diinginkan sulit diperoleh. Misal, titik rekomendasi rangkaian Transmitter VHF rata-rata 13.8Volt, nah... untuk mencapai titik tegangan tersebut dibutuhkan suatu regulator yang dapat diatur untuk menghasilkan output tegangan 13.8Volt, salah satunya dengan rangkaian Voltage Adjustor Sederhana LM317 yang dapat diatur besar keluaran tegangannya.
Berikut bagan sederhana rangkaian Voltage Adjustor Sederhana LM317 yang merupakan konsep dasar pengaturan tegangan dengan menggunakan IC LM317.

Berikut contoh layout pada PCB.


Contoh Layout


 

 Silkscreen Top



Copper Bottom


Berikut adalah spektrum sinusoida dari keluaran tiap tahap rangkaian LM317 ini. Spektrum pertama merupakan keluaran AC dari Transformator. Spektrum kedua merupakan keluaran dari rangkaian penyearah Dioda dan Elco 2200uF. Spektrum ketiga merupakan keluaran dari LM317.


Dari spektrum dapat disimpulkan, keluaran AC memiliki riak yang sangat tinggi, kemudian setelah disearahkan oleh Dioda dan difilter oleh Elco riak menjadi minim dapat dikatakan mendekati nol, setelah melalui LM317 (regulator) riak menjadi nol, diperoleh suatu DC murni.

Berikut adalah gambaran jadi dari rangkaian Voltage Adjustor Sederhana LM317.




Semoga postingan rangkaian sederhana ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar