Rabu, 14 Januari 2015

T-Match untuk 84.0MHz


Antena merupakan suatu media untuk meresonansikan sinyal RF melalui udara.


Inner yang digunakan dari RG8 yang telah dikupas jacket-nya dan telah dilepas konduktor outer-nya. Dengan inner dari inti kabel RG8 beserta dielektrikum-nya memberikan suatu kemudahan pemasangan pada selongsong pipa alumunium berdiameter 3/8". Diameter luar dielektrikum dari kabel RG8 bersesuaian dengan diameter dalam dari pipa 3/8"


Gambar di bawah ini menunjukan dua potong kabel RG8 yang telah dikupas jacket-nya dan telah dipisahkan dari konduktor outer-nya.


Kedua inner dihubungkan oleh suatu balun sepanjang 1/2Lamda kabel RG8 yang telah dikalikan dengan velocity factor kabel tersebut. Pemasangan balun dengan suatu konektor PL memberikan kepraktisan dalam hal pembongkaran atau perakitan antena.


Setting match point yaitu dengan menggeser kedua setting bar antara naik atau turun hingga diperoleh SWR terendah.


Konfigurasi inner dan pipa alumunium pembungkus menjadikan suatu kapasitor dengan nilai C Farad, posisi setting bar berfungsi untuk penyesuaian antara kabel pengumpan (kabel koaksial dari TX ke Antena) dan antena supaya bernilai 50ohm (Impedansi). Pergeseran setting bar ini akan merubah nilai kapasitas dari konfigurasi inner dan pipa alumunium, tujuannya supaya nilai kapasitas ini bersesuaian dengan sinyal masukan dari kabel koaksial pengumpan dan supaya diperoleh matching. Dengan kata lain matching ini mengindikasikan sinyal RF dipancarkan dengan efisien dengan tidak adanya atau sangat minimnya sinyal yang dikembalikan ke TX.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar