Jumat, 05 Desember 2014

Dummy Load Sederhana

Antena merupakan suatu komponen vital dalam mekanisme transmitter, dimana antena selain digunaan sebagai media pemancaran, antena juga memiliki peran lain, yaitu sebagai beban supaya sinyal RF diserap secara efisien dan dipancarkan sebagai gelombang. Apabila antena ini ditiadakan maka tidak ada beban yang akan menyerap sinyal RF yang dihasilkan RF Amplifier, hal ini dapat menyebabkan kerusakan komponen yang beroperasi menguatkan daya RF. Tapi dalam prakteknya untuk hal demikian rupanya tidak akan terjadi, antena pasti selalu terpasang ketika transmitter digunakan, kecuali human error. Sehingga apabila dilakukan proses tuning transmitter aman adanya dikarenakan terhubung dengan antena sebagai beban. Namun ada permasalahan lainnya, apakah antena yang digunakan sudah matching? Nah, sebagai suatu solusi ketika transmitter perlu penyetelan dan antena tidak matching ataupun antena belum ada bisa digunakan beben tiruan (Dummy Load) yang bernilai 50Ω, tujuannya supaya terminimalisirnya sinyal kembali (Reverse) dan selalu dalam kondisi match dengan ditunjukan oleh SWR meter.

Berikut adalah rancangan Dummy Load sederhana berdaya maksimal 12Watt. Untuk memperoleh daya yang lebih besar tinggal kalkulasi antara besar resistansi suatu resistor dan daya-nya.


Sebagai media menempelnya resistor dan konektor bisa menggunakan PCB (lebih bagus pakai PCB Fiber), ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Ilustrasi bentuk jadi dari suatu Dummy Load.


Pemasangan Dummy Load harus pada transmitter yang berdaya dibawah daya Dummy Load, apabila tidak demikian Dummy Load bisa Over Heat dan kemungkinan lainnya Dummy Load bisa rusak, hangus, hancur, pecah serta komponen power amplifier bisa rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar