Kamis, 16 Oktober 2014

E-4 TX FM dengan Potensio

Jenis TX FM sangatlah sederhana dan simpel apabila mengambil skema dasarnya saja. Tetapi pada jenis E-4 ini, ditambahkan beberapa komponen pendukung, seperti; L on Toroid sebagai choke, Dioda Zener dan IC 9V sebagai stabilisasi arus DC yang digunakan, L-C Trimmer ditiap step penguatan sebagai komponen untuk memudahkan penyesuaian impedansi. Rangkaian oscilator yang digunakan merupakan adopsi dari oscilator pemancar mini RONICA, Exciter yang cukup legendaris bagi pecinta pemancar di Indonesia.

Berikut ini layout dari E-4;






Konfigurasi rangkaian E-4 ini beroperasi secara mudah di area kanal tengah 84MHz, maka untuk memudahkan penggeseran frekuensi yang lebih tinggi dapat dilakukan pergantian Cx yang sebesar 33pF dengan 10pF, ditunjukan pada gambar dibawah ini (kapasitor yang ditandai kotak bergaris merah).

Berikut adalah gambar E-4 75% selesai perakitan.



*untuk skematik E-4 masih dalam proses.
Transistor untuk oscilator, buffer dan lain bisa menggunakan tipe apa saja yang penting relevan digunakan sebagai oscilator, seperti; C710, C2570, FCS9018 dan sebagainya.

Pose E-4 setelah 100% selesai.




2 komentar:

  1. mas, bisakah saya pesan dibuatkan E-4 TX FM dengan Potensio Copy the BEST . Kalo bisa silakan sms saya di 085642438130

    BalasHapus
  2. Ukuran layout pcbnya berapa pak?

    BalasHapus